Dikpora-Pramuka Boalemo Gagas Trauma Healing Pasca Gempa dan Tsunami

Rio Larekeng   |   Sosial  |   Minggu, 14 Oktober 2018 - 17:57:38 WIB   |  dibaca: 88 kali
Dikpora-Pramuka Boalemo Gagas Trauma Healing Pasca Gempa dan Tsunami

Palu-MediaCenter, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) dan Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Boalemo ikut ambil bagian pada bhakti sosial Pemda Kabupaten Boalemo yang dilaksanakan pada Minggu (14/10) di Palu dan Sigi.

Kepala Dikpora Kabupaten Boalemo Sherman Moridu mengatakan, untuk membantu meringankan beban korban bencana gempa, pihaknya ambil bagian menggelar beberapa kegiatan sebagai trauma healing bagi korban bencana utamanya anak-anak.

"Trauma healing adalah semacam terapi mental untuk pemulihan psikis mereka yang terganggu akibat trauma bencana gempa dan tsunami," jelas Sherman. Ditambahkannya, trauma terhadap bencana tersebut akan hilang apabila dialihkan melalui konsep pendidikan yang dirancang dengan suasana yang sifatnya ceria dan bermain.

Dibantu Gerakan Pramuka dan relawan PMI, Dikpora menggelar berbagai kegiatan menarik yang diikuti langsung oleh anak-anak di lokasi pengungsian.

“Kegiatan yang kita laksanakan antara lain bermain bersama hingga outbond. Dengan begini, anak-anak setidaknya bisa melupakan bencana serta kembali lagi di dunia mereka yang penuh keceriaan dan kegembiraan," tambah Sherman menjelaskan.

Lebih lanjut dia mengatakan, dalam kaitan dengan program edukasi sendiri, Dikpora menurunkan sederet sumberdaya manusia terbaik. Seperti guru PAUD, SD dan SMP berprestasi tingkat nasional. Dengan terlibatnya tenaga pendidik berprestasi ini, maka metode trauma healing yang dibuatpun semakin lebih baik.

Terpisah, Ketua Kwarcab Pramuka Boalemo melalui Wakil Ketua Bidang Komunikasi dan Informasi Ronald Ch.Rampi  menuturkan, selain bekerjasama dengan Dikpora Boalemo dalam melaksanakan trauma healing, Pramuka juga ikut menyerahkan bantuan logistik dan pakaian layak pakai, dimana bantuan itu berasal dari gugus depan, kwartir ranting serta anggota pramuka lainnya. RG-59/Rio

Profil Rio Larekeng

Rio Larekeng

Nothing Speciall


Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook