Bupati Boalemo Teken Komitmen Peningkatan Kawasan Perdesaan Nasional

Rio Larekeng   |   Daerah  |   Selasa, 27 November 2018 - 17:50:47 WIB   |  dibaca: 102 kali
Bupati Boalemo Teken Komitmen Peningkatan Kawasan Perdesaan Nasional

Foto : Istimewa

Tilamuta-MediaCenter, Bupati Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo H. Darwis Moridu menandatangani Komitmen Pengembangan Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN) bersama 3 lembaga yakni, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Badan Perencanaan Pembangunan Nasional dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Selasa (27/11) di Hotel Four Points Sheraton, Jakarta.

Kesepakatan bersama tersebut merupakan pelaksanaan amanat Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 2 Tahun 2015 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2015 – 2019 khususnya terkait sasaran pengembangan wilayah melalui peningkatan keterkaitan pembangunan kota-desa dengan memperkuat sedikitnya 40 pusat-pusat pertumbuhan baru  sebagai Pusat Kegiatan Lokal (PKL) atau Pusat Kegiatan Wilayah (PKW) yang selanjutnya disebut dengan Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Boalemo melalui Kepala Bidang Prasarana Wilayah Moh Yamin Alim mengatakan, kesepakatan bersama 3 lembaga bersama Kabupaten Boalemo pada intinya memuat 2 poin utama, pertama Kabupaten Boalemo bersama dengan pemerintah pusat bersepakat untuk mengembangkan KPPN sesuai dengan tugas fungsi dan kewenangan yang sudah diatur dalam peraturan perundangan dengan mengacu pada master plan KPPN yang disepakati bersama, kedua Pemda Kabupaten Boalemo akan mengalokasi anggaran pembangunan di daerah untuk merealisasikan masterplan KPPN yang disusun, khususnya untuk memenuhi readiness criteria yang dibutuhkan dalam pembangunan program prioritas.

Yamin Alim juga menambahkan, program prioritas yang dimaksud adalah penyusunan Detail Engineering Design (DED), penyiapan lahan, penyusunan dokumen lingkungan dan pembangunan bidang/ sektor yang menjadi kewenangan pemerintah kabupaten.

Selanjutnya, kesepakatan bersama dengan Kementerian Koordinator Bidang PMK serta kementerian/ lembaga pusat terkait, pemerintah Kabupaten Boalemo akan melaksanakan seluruh komitmen sebagaimana tertuang dalam kesepakatan bersama tersebut.

“Untuk Kabupaten Boalemo sendiri, kawasan perdesaan prioritas nasional yakni di Kecamatan Wonosari dan telah disusun masterplan KPPN Boalemo, dan ini merupakan bagian dari upaya perwujudan amanat nawacita poin ke 3, dan sasaran RPJMN ” ungkap Kabid Praswil Bappeda Moh. Yamin Alim.

Profil Rio Larekeng

Rio Larekeng

Nothing Speciall


Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook