Desa Hungayonaa, Terbaik IDM Se Indonesia

Rio Larekeng   |   Desa  |   Kamis, 29 November 2018 - 12:11:33 WIB   |  dibaca: 98 kali
Desa Hungayonaa, Terbaik IDM Se Indonesia

Bupati Boalemo H. Darwis Moridu menerima penghargaan desa terbaik dari Kementerian Desa Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia di Jakarta, Kamis (29/11/2018) Foto : Istimewa

Tilamuta, MediaCenter – Desa Hungayonaa Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo menerima penghargaan sebagai desa dengan nilai Indeks Desa Membangun (IDM) terbaik bersama 33 desa lainnya seluruh Indonesia.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Kementerian Desa Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia yang diterima langsung oleh Bupati Boalemo H. Drwis Moridu pada acara Simposium Desa Menjemput Asa yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 29 November 2018 di Hotel Grand Sahid Jakarta.

“Ini artinya, Desa Hungayonaa adalah terbaik se Provinsi Gorontalo kategori nilai IDM-nya,” kata Moh. Wisnu Sau, Kepala Desa Hungayonaa via telephone, Kamis (29/11).

Wisnu mengatakan jika Desa Hungayonaa mendapat nilai tertinggi didasarkan pada penilaian 3 aspek yakni aspek ekonomi masyarakat, ekologi dan sosial budaya.

“Alhamdulillah pertumbuhan ekonomi Desa Hungayonaa sudah mulai maju dan mandiri, yang rata-rata sudah memiliki usaha kecil menengah, toko bangunan, pakaian, bahan pokok, pasar, rumah makan dan lain-lain,” katanya.

Disamping itu, Desa Hungayonaa unggul dalam kondisi kamtitbmas yang cukup aman, kehidupan warga yang rukun dan damai serta adat istiadat dan kearifan lokal yang masih terjaga termasuk infrastruktur  dan akses desa  yang sudah cukup baik, pelayanan kesehatan, fasilitas poskesdes, rumah sakit dan jasa transportasi menunjukan bahwa Desa Hungayonaa termasuk dalam desa maju.

“Capaian ini tentunya hasil kerja keras semua komponen, baik pemda, pemerintah kecamatan aparatur desa terutama dukungan masyarakat, untuk itu Saya mengucapkan terima kasih,” imbuhnya

“Sesuai visi misi desa, tahun depan kami akan bangun Agro Edu Wisata dengan memanfaatkan sumber daya alam salah satunya danau yang berada di dusun 3 dan dusun 4,” tutur Wisnu. Disamping itu, Desa Hungayonaa akan memiliki rest area yang didalamnya akan dibangun Food Station (kampung kuliner) dan akan membuat RDM (Radio Desa Milenial).

“Kembali ini butuh dukungan masyarakat dan semua elemen, saya berharap capaian ini bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat kearah yang lebih mandiri dan produktif,” ungkapnya.

Selain Desa Hungayonaa, 2 desa di Kabupaten Boalemo juga ikut menerima penghargaan yakni Desa Tanah Putih Kecamatan Dulupi terbaik dalam Padat Karya Tunai (PKT) dan Desa Bongo Dua Kecamatan Wonosari terbaik Pelaksanaan Pembangunan Desa.

Profil Rio Larekeng

Rio Larekeng

Nothing Speciall


Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook