Pemangku Adat Kabupaten Boalemo Terima Bantuan 6 Kendaraan Operasional

H. Lapasau   |   Adat Budaya  |   Selasa, 04 Desember 2018 - 00:46:53 WIB   |  dibaca: 110 kali
Pemangku Adat Kabupaten Boalemo Terima Bantuan 6 Kendaraan Operasional

Tilamuta - MediaCenter, Untuk menunjang kegiatan adat di Kabupaten Boalemo, Pemerintah Kabupaten Boalemo melalui Bagian Kesra Setda Boalemo membagikan enam unit sepeda motor sebagai kendaraan operasional para pemangku adat yang diserahkan langsung Bupati Boalemo H Darwis Moridu disela-sela pelaksanaan Apel Awal Bulan Desember, Senin (3/12) di Halaman Kantor Bupati Boalemo.

Ke enam unit sepeda motor tersebut diserahkan kepada enam orang pemangku adat yakni, Ketua Lembaga Adat Boalemo H Hisyam Tambiyo, Hakim Adat Boalemo Usman Hasan, Bate Tuntungio Hairun Mahmud, Olowihi Lo Pulanga Lekson Sapii, Kimalaha Botu Ben Paso’o serta Bate Lo Dulupi Nisbar Dai.

“Untuk penyerahan kendaraan operasional berupa sepeda motor ini sebetulnya sudah pernah dilakukan pada tahun-tahun kemarin, dan untuk kali ini tinggal melengkapi beberapa Pemangku Adat di tingkat Kabupaten yang harus dipenuhi tahun ini,” Ujar Kabag Kesra Sutriani Lumula.

Lebih lanjut Sutriani menjelaskan, tujuan dari penyerahan kendaraan operasional pemangku adat tersebut guna menunjang serta mendukung pelaksanaan urusan adat yang ada di Kabupaten Boalemo.

“Kegiatan adat di Kabupaten Boalemo ini banyak sekali berkoordinasi dengan tokoh-tokoh Agama, Tokoh masyarakat serta tokoh adat lainnya sehingga pemerintah merasa perlu memfasilitasi para pemangku adat berupa kendaraan operasional,” lanjut Kabag Kesra.

Seingganya kata Sutriani, pada tahun depan rencananya sesuai instruksi Bupati H Darwis Moridu, Bagian Kesra akan mengakomodir bantuan serupa untuk para Bate atau Pemangku Adat Kecamatan Se Kabupaten Boalemo.

Olehnya itu, dengan diserahkannya bantuan kendaraan operasional tersebut pemerintah kabupaten boalemo berharap kiranya dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dalam hal urusan kegiatan adat di Kabupaten Boalemo.

“Insya Allah dengan diserahkannya kendaraan operasional ini, para pemangku adat dapat lebih meningkatkan kinerjanya terutama dalam hal komunikasi, konsultasi dan koordinasi dalam kegiatan adat daerah seperti kegiatan-kegiatan hari-hari besar Islam atau kegiatan-kegiatan penyambutan tamu negara dan lain sebagainya,” harap Kebag Kesra Sutriani Lumula. (HLapasau)

Profil H. Lapasau

H. Lapasau


Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook