125 Unit RTJK Resmi Ditempati

H. Lapasau   |   Pembangunan  |   Sabtu, 05 Januari 2019 - 12:24:37 WIB   |  dibaca: 87 kali
125 Unit RTJK Resmi Ditempati

Boalemo, MediaCenter – Sebanyak 125 unit Rumah Tinggal Jamban Keluarga (RTJK) resmi dihuni dan dimanfaatkan masyarakat Transmigrasi Desa Persiapan Tamilo Kecamatan Wonosari, yang ditandai dengan pengguntingan pita serta penandatanganan prasasti oleh Bupati Boalemo H. Darwis Moridu, Jum’at (4/1) di Desa Persiapan Tamilo.

Pembangunan 125 unit rumah tersebut menurut Kabid Pengembangan Kawasan Transmigrasi Dinas Nakertrans Kabupaten Boalemo Hance Guzali, adalah bentuk kepedulian Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah terhadap masyarakat transmigrasi.

“Pembangunan 125 Unit Rumah bagi warga transmigrasi ini merupakan wujud nyata perhatian pemerintah baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Kabupaten Boalemo terhadap rakyatnya,” ujar Hance.

Hance menambahkan, pembangunan 125 rumah tinggal tersebut di bagi dalam dua tahap yakni sejak tahun 2016 dan pada tahun 2018.

“Jadi untuk pembangunan rumah tinggal tersebut telah di lakukan sejak tahun 2016 berjumlah 100 unit dan terakhir pada tahun 2018 kemarin sebanyak 25 unit, dengan alokasi dana berasal dari dana APBN Tugas Pembantuan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia,” kata Kabid PKT Hance Guzali.

Lebih lanjut Hance menjelaskan, selain rumah tinggal, masyarakat transmigrasi tersebut juga memperoleh pembagian lahan untuk berkebun sebagai mata pencaharian mereka.

“Selain Rumah Tinggal, para transmigran juga mendapatkan pembagian lahan berupa lahan pekarangan dengan ukuran 25 x 25m dan lahan usaha sebesar kurang lebih 1 sampai 2 hektar untuk berkebun. Insya Allah program ini akan berlanjut hingga tahun 2022 nanti,” kata Hance.

Sementara itu Bupati Boalemo, H. Darwis Moridu yang didampingi Wakil Bupati Ir. H. Anas Yusuf, Ketua TP. PKK Hj.  Rensi Makuta, SE, M.Ak serta para Kepala SOPD pada kesempatan itu berharap, agar kiranya pembangunan rumah tinggal dapat dimanfaatkan masyarakat dengan sebaik-baiknya.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Boalemo saya mengucapkan selamat kepada Bapak dan Ibu  telah menempati rumah barunya, semoga nyaman dan betah. Dan untuk lahan yang sudah dibagi, kami berharap agar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya guna meningkatkan taraf hidup dan ekonomi Bapak Ibu sekalian,” Imbuh Bupati yang dijuluki Panglima Petani tersebut. (HL)

Profil H. Lapasau

H. Lapasau


Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook