Telan Anggaran Rp.15,9 M, Pekerjaan Jalan SP4 Pangea Selesai

H. Lapasau   |   Pembangunan  |   Sabtu, 05 Januari 2019 - 16:26:51 WIB   |  dibaca: 108 kali
Telan Anggaran Rp.15,9 M, Pekerjaan Jalan SP4 Pangea Selesai

Tilamuta, MediaCenter – Pekerjaan peningkatan jalan yang menghubungkan SP.4 Desa Pangeya, Olibuhu-Tanjung Harapan oleh Dinas PUPR Kabupaten Boalemo yang menelang dana sebesar 15,9 Milyar akhirnya selesai dan diresmikan langsung Bupati Boalemo H. Darwis Moridu, Jum’at (4/1) di Desa Pangeya Kecamatan Wonosari.

Menurut Kadis PUPR Kabupaten Boalemo Gerson Samin, Pelaksanaan Kegiatan tersebut berupa peningkatan akses jalan sepanjang 7,56 km dan peningkatan Bendung Karya Agung.

“Pekerjaan peningkatan jalan SP4 Desa Pangeya Olibuhu-Tanjung Harapan ini sepanjang 7,56 kilometer dan lebar 4 meter dengan spesifikasi, aspal ACBC, tebal aspas 6 centimeter serta bangunan pendukung berupa drainase sepanjang 2500 meter, plat dekker 16 unit, pasangan batu 1200 meter dan gorong-gorong satu unit,” kata Kadis PUPR Boalemo.

Lebih lanjut Gerson menjelaskan, pekerjaan jalan dan bangunan pendukung lainnya tersebut memakan anggaran sebesar 15 milyar 900 juta rupiah yang bersumber dari Dana DAK.

“Selanjutnya untuk pengairan, Bendung Karya Agung total anggarannya 6 milyar 877 juta rupiah dengan luas areal 361 hektar, Panjang saluran 5000 meter dan ada 3 kelompok yang memanfaatkannya terdiri dari 150 petani,” tambah Gerson.

Sementara itu Bupati Boalemo H. Darwis Moridu yang didampingi Wakil Bupati Ir. H. Anas Yusuf mengatakan, pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan usulan anggaran pada tahun 2018 khusus untuk Desa Pangea Kecamatan Wonosari.

“Alhamdulillah, anggaran yang kami usulkan ke pusat pada tahun 2018 kemarin sudah terealisasi senilai 15 milyar rupiah lebih dan ini baru di Desa Pangea, sehingga total anggaran khusus untuk kecamatan wonosari kurang lebih 50 milyar rupiah” kata Bupati.

Olehnya itu Bupati berharap, dengan dibangunnya akses jalan SP4 Desa Pangea tersebut kiranya dapat mendukung aktifitas masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraannya.

“Tadi saya mendapatkan informasi bahwa selama ini para petani pada masa panen masih mengeluarkan biaya lagi ketika akan mengangkut hasil panen ke tepi jalan, namun setelah selesai pekerjaan peningkatan jalan ini, Alhamdulillah para petani sudah tidak mengeluarkan biaya tambahan lagi. Semoga dengan perbaikan jalan ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Bupati.

Selain itu Bupati yang dijuluki Panglima Petani tersebut berjanji, selama masa kepemimpinannya dengan Wabup Anas Yusuf, akan terus berkomitmen dalam hal pembangunan guna peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Menurut Pak Kades tadi, untuk Desa Pangeya ini masih ada sekitar 3 kilo meter yang belum teraspal, Insya Allah selama kepemimpinan saya dan Pak Wabup, semua jalan-jalan di Desa Pangeya akan selesai di aspal semuanya. Dan kami akan terus berkomintmen dalam hal pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Boalemo,” pungkas Bupati. (HL)

Profil H. Lapasau

H. Lapasau


Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook